Mengenal Perangkat Keras


Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.


Piranti Masukan (Input Device)

Piranti masukan (Input Device) adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data dalam sistem komputer. Piranti Masukan (Input Device) berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar.

Beberapa contoh piranti masukan:

  • Keyboard

Keyboard, piranti masukan yang dapat mengubah huruf, angka atau code lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses oleh komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai piranti pemasukan dan merupakan piranti yang paling lama dipergunakan setelah perkembangan komputer. Keyboard terdiri atas tombol; pengetikan, angka, fungsi dan control. QWERTY Keyboard pertama kali diciptakan oleh Christian Sholes tahun 1860-an pada mesin tik manual. Karena pada saat Sholes menciptakan mesin Ketik, susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan huruf latin, sehingga memungkinkan kita mengetik lebih cepat, namun susunan demikian sering menimbulkan masalah.



Cara Kerja Keyboard

  • Penekanan Keyboard menghasilkan arus listrik

  • Processor mencocokkan lokasi koordinat x,y pada peta karakter di ROM

  • Jika Pemakai menekan secara bersamaan,processor akan mencari keberadaan kombinasi tombol dalam peta karakter

  • Peta karakter dapat di timpa dengan sebuah software

  • Software yang menghendaki agar tata letak keyboard/Qwerty diubah menjadi Dvorak/Kombinasi kunci tertentu yang mempunyai arti berbeda.

  • Dvorak (sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan keseringan pemakaian huruf

  • Keyboard dilengkapi dengan typematic (processor akan mengenali penekanan tombol terus menerus)


Alat Input Langsung

  1. KEYBOARD

  2. POINTING DEVICE CONTOH MOUSE,LIGHT PEN, DIGITIZER GRAPHIC TABLET

  3. SCANNER CONTOH MICR, MAGNETIC STRIP, OPTICAL DATA READER (OCR READER, OCR TAG READER, BAR CODE WAND, OMR READER)

  4. SENSOR CONTOH DIGITIZING CAMERA

  5. VOICE RECOGNIZER ATAU SPEECH RECOGNIZER


Pointing Device

Pointing device digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul dilayar monitor. Saat ini, peranti penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar, karena memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah daripada harus mengiatkan perintah yang harus diketik lewat keyboard.

  • Mouse

Mouse untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan di layar monitor. Mouse merupakan perangkat input yang digunakan untuk menunjuk posisi pointer atau kursor pada layar. Mouse ialah istilah pinjaman dari bahasa Inggris yang artinya tikus. Bentuknya pas untuk genggaman tangan dan ukurannya kurang lebih sama dengan rata-rata ukuran tikus.

Terdapat dua tombol yang bisa diklik dengan jari telunjuk dan jari tengah. Orang menyebutnya klik kanan dan kiri. Masing-masing tombol memiliki fungsi berbeda. Klik kiri mempunyai fungsi seperti enter atau menunjukkan OK. Sedangkan klik kanan memiliki beberapa pilihan menu.

Diciptakan Pertama Kali Oleh Douglas Engelbart (Stanford Research Institute)

Nama Paten Pertama Kali Dari Mouse : “X-Y Position For A Display System

Kabel Penghubung Mouse; Standard Serial Mouse,PS2,Wireless/Nirkabel

Jenis Mouse; Mouse Optomekanik & Mouse Optik

Sedangkan secara fisik, bentuk mouse sbb :

Mouse yang menggunakan bola dan scroll/penggulung layar

Mouse yang menggunakan bola tanpa scroll/penggulung layar

Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar

Mouse Optik/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar tanpa kabel

  • Trackball

Trackball merupakan benda kecil bulat yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu memiliki perintah-perintah dari menu tampilan garis. Bedanya, jika untuk menggerakan penunjuk mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball oleh tangan pemakai ke arah yang dikehendaki. Trackball banyak terdapat pada komputer laptop, dapat menggeser tempat gerak, juga terkadang tidak memerlukan meja sebagai tempat gerak, karena dapat menempel pada komputer laptop.

  • Pointing Stick

Pointing stick atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya yang terletak pada laptop. Untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah kita kehendaki. Sebagian besar Pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan.

  • Touchpad

Touchpad adalah peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggerakkan tangan di atasnya. Untuk melakukan “klik” pada Touchpad biasanya ada tombol yang terletak di dekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk Touchpad tersebut. Alat ini banyak digunakan di komputer laptop

  • Touch Screen

Touch Screen adalah piranti penunjuk berupa monitor yang sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh gambar di layar secara langsung untuk mengaktifkan perintah

Layar sentuh dibungkus plastik, didalamnya terdapat sinar inframerah. Lokasi Sinar Infra merah yang terputus oleh tekanan jari, akan memberi tahu komputer tentang lokasi perintah yang dikehendaki pemakai. Hasil Output dimunculkan kembali pada touch screen

Diterapkan di bandara, ATM, mesin penjualan tiket, penyedia informasi di kampus, toko, departement dll

  • Joystick

Joystick berfungsi mengendalikan aplikasi permainan (game). Prinsip kerjanya sama dengan mouse. Mempunyai Stick penggerak berupa tongkat kecil

  • Light Pen

Light pen (pena cahaya) ialah sejenis piranti layar sentuh sebagai pengganti jari tangan. Piranti penunjuk berupa pena dapat menghasilkan cahaya digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik). Sebagai salah satu perangkat input atau input device pada komputer, light pen sering dipakai untuk keperluan grafis, atau menggambar. Light pen dapat digunakan menunjuk langsung ke layar untuk melakukan pilihan perintah yang dikehendaki

Bentuknya sangat portable seperti pulpen dan bisa mengeluarkan sensor cahaya saat ujung pena digoreskan pada layar monitor. Jadi kita dapat menulis maupun menggambar dengan mudah. Layar monitor mampu merekam tiap baris per detik sebanyak 6 sinyal elektronik.

Monitor yang dapat menerima sinyal cahaya dari light pen bukanlah monitor sembarangan, melainkan monitor yang mempunyai kabel penghubung. Contohnya Notebook Sharp. Pemakaian light pen digunakan untuk program tertentu seperti Computer Aided Design (CAD) atau Computer Aided Manufacturing (CAM).

Pemanfaatannya alat pengendali lalu lintas udara pada bandara, untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat; dengan cara menunjuk obyek tertentu yang muncul pada radar

  • Digitizing Tablet

Digitizing Tablet merupakan piranti yang dapat mengkonversi gambar/foto menjadi data digital. Berbentuk papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse/pena elektronis. Dapat mengkonversikan gerakan tangan menjadi sinyal digital untuk masukan bagi komputer. Peranti ini banyak digunakan untuk penerapan dalam bidang computer-aided design(CAD), atau untuk menyalin gambar yang tersedia kedalam bentuk digital untuk diolah lebih lanjut. Peranti penunjuknya disebut stylus.

  • Scanner

Piranti yang dapat mengambil masukan data berupa gambar,foto,bahkan juga tulisan tangan. Hasil diubah menjadi sinyal digital dan dapat disimpan dalam disk. Dapat mengubah dalam bentuk format document.

Penemu scanner adalah Robert S. Ledley Ledley lahir di Newyork pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu dinamakan Automatic Computerized transverse Axial (ACTA).



Perangkat Output

Perangkat Output adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan keluaran atau hasil dari proses data yang diinputkan ke dalam sistem komputer. perangkat output atau output device adalah piranti pada komputer yang dapat menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari hasil pengolahan data. Data diolah oleh komputer lalu dikeluarkan berupa produk.

Peralatan output dapat berupa:

  • Hard-copy device = alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

  • Soft-copy device = alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

  • Drive device atau driver = alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.



Berikut beberapa contoh perangkat output:

  • Printer dan Plotter


Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter.

  • Monitor


Jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor sebagai hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Memiliki berbagai ukuran layar, berbagai tingkat resolusi (menentukan ketajaman gambar).

  • Speaker


Speaker ialah perangkat keras yang dapat menghasilkan data berupa audio/suara. Piranti ini bisa juga disebut sebagai pengeras suara, karena mampu mengeluarkan volume suara yang menggelegar.

Berbeda dengan earphone yang sifatnya private, suara hanya bisa didengar oleh pengguna. Sedangkan speaker mengeluarkan gelombang suara yang sifatnya keras sehingga orang di sekitar bisa mendengar.

Speaker cocok digunakan ketika ada acara besar atau ingin menikmati musik kencang agar gelombang suara mencapai ke telinga pendengar, walaupun dengan jarak beberapa meter dari sumber suara.

Speaker ukurannya ada yang besar dan kecil. Kini, model dan teknologinya makin canggih, salah satunya terdapat tambahan fitur bluetooth, sehingga tak perlu kabel sebagai penghubung.


Untuk memahami materi lebih lanjut, Anda bisa menyimak video di bawah ini.







REFERENSI

Computer Architecture, a Quantitative Approach, 2nd Edition, John L. Hennessy, David A Patterson, Morgan Kaufmann Publisher Inc., 1996

Computer Organization, fourth edition, V. Carl Hamacher-Zvonko G. Vranesic-Safwat G. Zaky, Mc Graw Hill International Edition, 1996

William Stallings, Organisasi dan Arsitektur Komputer Jilid 1 dan 1, Prenhallindo, Jakarta, 2012

“Handout Organisasi dan Arsitektur”, UPI-YPTK

Input Device (Piranti Masukan) | Pengantar Teknologi Informatika (wordpress.com)

» PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT: Pengertian, Fungsi & Contoh I/O Komputer | Salamadian


Komentar